RENCANA
PELAKSANAAN PENGAJARAN
A. IDENTITAS
SEKOLAH
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Akuntansi
Kelas/Semester : XI/3
Alokasi
Waktu : 9X45 Menit
Pertemuan :
1-3
B. STANDARD
KOMPETENSI
Memproses
Dokumen Dana Kas Kecil
C. KOMPETENSI
DASAR
Mendeskripsikan
Administrasi Dana Kas Kecil
D. INDIKATOR
DAN NILAI KARAKTER
No
|
Indikator
|
Nilai Karakter
|
1
2
3
4
|
Kognitif
Konten
1.
Menjelaskan pengertian kas kecil
2.
Menjelaskan manfaat kas kecil
3.
Menyebutkan peralatan yang
dibutuhkan untuk mengelola kas kecil
4.
Menjelaskan prosedur pengelolaan
kas kecil
Proses
1.
Menjelaskan dengan gambar tentang
kas kecil pada siswa
2.
Melakukan pengelolaan dana kas
kecil atau prosedur pengelolaan dana kas kecil yang meliputi pembentukan,
penggunaan, pengisian kembali dana kas kecil.
Psikomotorik
1.
Menyiapkan peralatan yang
dibutuhkan untuk mencatat dana kas kecil.
2.
Menyiapkan bukti transaksi
pemakaian kas kecil.
Afektif
Perilaku
berkarakter
Membentuk
perilaku terhadap siswa yang mandiri
Ketrampilan
sosial
Melakukan
interaksi terhadap guru melalui kemampuan tanya jawab
|
mandiri
|
E. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
menggunakan model pembelajaran picture and picture siswa diharapkan mampu:
·
Menjelaskan pengertian dana kas kecil
·
Menyiapkan pengelolaan dana kas kecil
·
Menjelaskan prosedur pengelolaan dana
kas kecil
Kognitif
Konten
1.
Diberikan materi yang terdapat pada slide dan modul,siswa
dapat menjelaskan pengertian kas kecil.
2.
Diberikan materi yang terdapat pada
slide dan modul,siswa dapat menjelaskan manfaat kas kecil.
3.
Diberikan data mengenai kas kecil,siswa
dapat menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengelola kas kecil.
4.
Diberikan materi yang terdapat pada
slide dan modul,siswa dapat menjelaskan prosedur pengelolaan kas kecil.
Proses
1.
Menunjukkan gambar,siswa dapat menjelaskan
pengertian kas kecil.
2.
Menyebutkan alat yang harus disiapkan
siswa.
3.
Memberikan data mengenai prosedur
pengelolaan kas kecil.
Kinerja
Proses
1.
Siswa ditunjukkan/diperlihatkan
gambar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan kas kecil.
2.
Siswa dipanggil secara bergantian
memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis.
3.
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
untuk gambar tersebut.
4.
Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menanamkan pengertian kas kecil.
Afektif
Perilaku
karakter
Pada
KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan sikap yang mandiri.
Ketrampilan
Sosial
Dalam
KBM, siswa dan guru dapat berkomunikasi/berinteraksi melalui tanya
jawab,berpendapat,menyanggah dan lain-lain.
F. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Menjelaskan pengertian kas kecil
·
Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan
untuk mengelola kartu kas
·
Menjelaskan prosedur pengelolaan kas
kecil
G. METODE
PEMBELAJARAN
·
Ceramah bervariasi
·
Tanya jawab
MODEL PEMBELAJARAN
Ø PICTURE
AND PICTURE
Langkah-langkah
:
·
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
·
Menyajikan materi sebagai pengantar
·
Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan materi
·
Guru menunjuk/memanggil siswa secara
bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
·
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
urutan gambar tersebut
·
Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
·
Kesimpulan/rangkuman
H. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan
1-2
Kegiatan
|
Nilai karakter
|
Ketelaksanaan
|
Ket
|
||
Guru
|
Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
||
Kegiatan
awal : 15 menit
-Memulai
pelajaran dengan memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa tentang
materi mendiskripsikan administrasi dana kas kecil.
|
Kegiatan
awal :
-Mendengarkan
dengan seksama dan semangat
|
Mandiri
|
|||
Kegiatan
inti : 80 menit
-Menampilkan
gambar yang sesuai dengan materi pengertian kas kecil
-Menunjuk/memanggil
siswa secara bergantian untuk mengaitkan gambar yang sesuai dengan pengertian
kas kecil
-Menanyakan
alasan urutan gambar tersebut setelah mendengar alasan gambar tersebut lalu
mulai menanamkan konsep materi kas kecil
-Menjelaskan
prosedur pengelolaan kas kecil
|
Kegiatan
inti :
-Melihat
gambar yang ditampilkan
-Maju
kedepan untuk mengurutkan gambar
-Menjawab
pertanyaan
-Mendengarkan
prosedur pengelolaan kas
|
Mandiri
|
|||
Kegiatan
akhir : 45 menit
-Menanyakan
kembali mengenai apa yang tadi telah dibahas
-Mengakhiri
pelajaran dengan memberi masukan-masukan kepada siswa untuk dapat belajar
dengan baik dirumah maupun disekolah
-Memberikan
post test
|
Kegiatan
akhir :
-Menjawab
pertanyaan
-Mendengarkan
penjelasan dari guru
-Menjawab
soal
|
Mandiri
|
Pertemuan
ke 3
Evaluasi,
Perbaikan dan Remidi
I. EVALUASI
Evaluasi
diberikan setelah sub kompetensi diberikan (terlampir)
J. Alat,Media,Sumber
Belajar
1. alat
Papan
tulis, spidol, penghapus, buku tulis, bolpoin.
2. Media
Memproses dana kas kecil dengan gamba power point
3. Sumber
belajar
Modul
Buku referensi
Sop DU/DI
K. PENILAIAN
Penilaian
dilakukan dengan post test dalam proses belajar mengajar
Evaluasi
akhir pada sub kompetensi yang telah berakhir
L. TINDAK
LANJUT
Remidi
Pengujian
·
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah
ini dengan benar!
1. Sebutkan
perlengkapan yang dibutuhkan dalam mengelola administrasi dana kas kecil?
2. Mengapa
pengelolaan kas kecil dipisahkan antara pemegang dana kas kecil dengan pemegang
buku kas besar?
3. Jelaskan
pengertian petty cash?
4. Apakah
yang dimaksud cek kosong?
5. Sebutkan
bukti transaksi yang menyangkut kas?
Jawaban
singkat
1. a.
Jurnal
b. Petty cash
c. Biaya listrik, biaya telepon
d. Pengawasan kas kecil
e. Cek
2. Sebab
untuk menghindari penyelewengan-penyelewengan uang tunai yang ada dalam
perusahaan tersebut.
3. Petty
cash adalah system pengelolaan tentang pengeluaran-pengeluaran uang tunai yang
relative kecil.
4. Cek
yang dananya ditolak oleh bank karena dananya tidak ada
5. a.
Bukti penerimaan kas
b. Bukti pengeluaran kas
SKOR PENILAIAN
No
|
Item
soal
|
Skor/nilai
|
1
|
1
|
20
|
2
|
1
|
20
|
3
|
1
|
20
|
4
|
1
|
20
|
5
|
1
|
20
|
Jumlah
|
100
|
Mengetahui Tuban
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran
Dra. Siti Mahfudhoh Anggraeny,S.Pd
RENCANA
PELAKSANAAN PENGAJARAN (RPP)
A.
IDENTITAS SEKOLAH
Nama
Sekolah :
Mata
pelajaran : Kompetensi Kejuruan Akuntansi
Kelas/semester : XI/3
Pertemuan : 4-9
Alokasi
waktu : 18x45 menit
B.
STANDARD KOPETENSI
Memproses
Dokumen Kas Kecil
C.
KOMPETENSI DASAR
Menghitung
mutasi dana kas kecil
D.
INDIKATOR DAN NILAI KARAKTER
No
|
Indikator
|
Nilai
karakter
|
1
|
Kognitif
Konten
1.
Menjelaskan cara mengidentifikasi
saldo awal kas kecil
2.
Menjelaskan cara mengidentifikasi
bukti pemakaian dana kas kecil
3.
Menjelaskan cara menghitung
jumlah pemakaian dana kas kecil
4.
Menjelaskan cara menghitung sisa
dana kas kecil
Proses
1.
Melakukan transaksi secara
langsung di dalam kelas atau transaksi terhadap bukti transaksi
2.
Melakukan transaksi secara
langsung dan bersama-sama mengidentifikasi bukti pemakaian dana kas kecil
3.
Menganalisis kebenaran
penghitungan pemakaian dana kas kecil
4.
Menganalisis kebenaran
penghitungan sisa dana kas kecil
Psikomotorik
1.
Mengidentifikasi saldo awal ke
kas
2.
Mengidentifikasi bukti pemakaian
dana kas kecil
3.
Menghitung jumlah pemakaian dana
kas kecil
4.
Menghitung sisa dana kas kecil
Afektif
Membentuk perilaku terhadap siswa yang
kerja keras dan jujur
Ketrampilan
sosial
Melakukan interaksi terhadap guru dan
teman melalui kemampuan tanya jawab, berpendapat, atau menyanggah pernyataan
yang kurang tepat dari guru maupun temannya
|
Kerja keras
Jujur
|
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
F.
Setelah menggunakan model kooperatif
learning siswa diharapkan mampu :
·
Mengidentifikasi mutasi kas kecil
·
Mengenal dokumen pemakaian dana kas
kecil
·
Menjelaskan metode pencatatan dana kas
kecil
·
Mengidentifikasi mutasi dana kas kecil
Kognitif
Konten
1.
Diberikan data mengenai bukti transaksi,
siswa dapat menyebutkan beberapa transaksi.
2.
Diberikan data yang terdapat pada slide
dan modul, siswa dapat menyebutkan identitas bukti-bukti transaksi.
3.
Diberikan data yang terdapat pada slide
dan modul, siswa dapat menghitung pemakaian dana kas kecil.
4.
Diberikan data mengenai bukti transaksi,
siswa dapat menghitung sisa dana kas kecil.
Proses
1.
Memberikan contoh bukti transaksi, siswa
dapat membedakan bukti transaksi.
2.
Memberikan contoh format jurnal yang
bersangkutan dengan dana kas kecil, siswa dapat memasukkan transaksi kedalam
jurnal yang di sediakan.
3.
Bersama-sama siswa menganalisis
kebenaran penghitungan transaksi yang ada.
Kinerja
proses
1.
Siswa di bagi beberapa kelompok dan
diberikan data bukti transaksi untuk mempraktekkan secara langsung di dalam
perusahaan dagang, siswa dapat menganalisis bukti transaksi kedalam transaksi.
2.
Diberikan format jurnal yang berkaitan
dengan kas kecil, siswa dapat memasukkan transaksi ke dalam jurnal.
3.
Diberikan data bukti transaksi, siswa
dapat menganalisa kebenaran perhitungan dana kas kecil.
Afektif
Prilaku
karakter
Pada
KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan kerja keras dan jujur
Ketrampilan
sosial
Dalam
KBM, siswa dan guru dapat berkomunikasi/berinteraksi melalui tanya jawab,
berpendapat, menyanggah.
G.
MATERI PEMBELAJARAN
Dokumen
bukti pemakaian kas kecil
Metode
pencatatan dana kas kecil
H.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah bervariasi
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Demonstrasi
·
Pemberian tugas
MODEL
PEMBELAJARAN :
Cooperatif
learning (pembelajaran kooperatif)
Langkah-langkah
1. Guru
menyampaikan tujuan dan memotifasi siswa
2. Guru
menyajikan informasi
3. Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok-kelompok belajar
4. Membimbing
kelompok bekerja dan belajar
5. Mengadakan
evaluasi
6. Guru
memberikan penghargaan
I.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
4-7
Kegiatan
|
Nilai karakter
|
Ketelaksanaan
|
Ket
|
||
Guru
|
Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
||
Kegiatan
awal : 15 menit
-Guru
memulai pelajaran dengan memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa
tentang materi mendeskripsikan administrasi dana kas kecil.
|
Kegiatan
awal :
-Siswa
bertanya, menjawab dan berpendapat.
|
Jujur
|
|||
Kegiatan
inti : 80 menit
-Mendemontrasikan
dokumen bukti pemakaian kas kecil
-Membagi
siswa menjadi 3 kelompok untuk mempraktekkan secara langsung sebagai
perusahaan
-Membimbing
siswa untuk membagi tugas pada masing-masing kelompok untuk melakukan
transaksi-transaksi dengan kelompok yang satu dengan yang lain
|
Kegiatan
inti :
-Siswa
menjelaskan penjelasan guru
-Siswa
melanjutkan transaksi-transaksi yang sudah di lakukan
-Siswa
melakukan transaksi-transaksi dengan kelompok yang satu dengan yang lain dan
memasukkan ke dalam format yang disediakan
-Siswa
melakukan transaksi-transaksi dan memasukkan ke format yang ada
-Siswa
prensentasi
|
Kerja
kelas
|
|||
Kegiatan
akhir : 30 menit
-Guru
memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi dan yang bertanya
-Guru
memberikan kesimpulan atas materi yang sudah di presentasikan siswa
|
Kegiatan
akhir :
-Siswa
juga memberikan kesimpulan
|
Kerja
kelas
|
Pertemuan ke 8 Evaluasi
Pertemuan ke 9
perbaikan dan pengayaan dan remidi
J.
EVALUASI
Evaluasi
diberikan setelah sub kompetensi diberikan (terlampir)
K.
SUMBER BELAJAR :
1. Alat
Papan tulis
Spidol
LCD
Seperangkat alat ajar
2. Bahan
Modul
Seperangkat alat ajar
3. Sumber
belajar
Dasar-dasar akuntansi SMK oleh Drs.
Hendi Somantri
Internet
SOP DU/DI
4. PENILAIAN
Penilaian dilakukan dengan post test dalam
proses belajar mengajar
Evaluasi akhir pada sub kompetensi yang
telah berakhir
5. TINDAK
LANJUT
Remidi
Pengujian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah
ini!
1. Apakah
yang dimaksud bukti penerimaan kas?
2. Sebutkan
2 metode pencatatan dana kas kecil?
3. Bagaimana
pemberlakuan selisih dana kas kecil?
4. Dalam
pengelolaan kas kecil ada 2 formulir, jelaskan?
5. PT
Fanta Jakarta Selatan pada akhir desember 2011 mempunyai data sebagai berikut:
-Saldo kas kecil 1 desember 2011 Rp
5.000.000,-
-Jumlah penerimaan bulan desember Rp
1.000.000,-
-Jumlah pengeluaran bulan desember Rp
2.700.000,-
Sedangkan uang kertas yang ada sebagai
berikut:
10 lembar @Rp 50.000,- saldo @Rp
20.000,- 100 lembar @Rp 10.000,- 50 lembar @Rp 5.000,- 30 lembar @Rp 1.000,- 20
lembar @Rp 500,-
Dan uang loga yang ada
150 keping @Rp 1.000,- 100 keping
@Rp500,- 300 keping @Rp 100,- 200 keping @Rp 50,-
Diminta:
Buatlah berita acara perhitungan kas
kecil 31 desember 2011
Kunci jawaban
1. Bukti
penerimaan kas adalah bukti yang berkaitan dengan penerimaan kas kecil dari
kasir kas besar sebagai pembentuk dana kas kecil.
2. Sistem
dana tetap (Imperts System)
Sistem dana tidak tetap (Fluktuasi)
3. Jika
selisih kas lebih diperlakukan sebagai pendapatan. Jika selisih kas kurang
diperlakukan sebagai biaya/kerugian.
4. Jurnal
dan penerimaan/pengeluaran mutasi kas
5.
Berita Acara
Perhitungan Uang Kas
PT. Fanta Jakarta
Selatan
31 Desember 2011
Saldo buku kas kecil
1 Desember 2011 Rp5.000.000,-
Penerimaan selama
bulan Desember Rp 1.000.000,- +
Rp 6.000.000,-
Pengeluaran selama bulan
Desem (Rp 2.700.000,-)
Saldo buku kas kecil
31 Desember 2011 Rp 3.300.000,-
|
Perhitungan fisik kas kecil bulan
Desember sebagai berikut
1. Uang
kertas
10 lembar @Rp 50.000,- Rp
500.000,-
50 lembar @Rp 20.000,- Rp
1.000.000,-
100 lembar @Rp 10.000,- Rp 1.000.000,-
50 lembar @Rp 5.000,- Rp 250.000,-
300 lembar @Rp 1.000,- Rp 300.000,-
200 lembar @Rp 500,- Rp
10.000,- +
Rp
3.060.000,-
2. Uang
logam
150 keping @Rp 1.000,- Rp 150.000,-
100 keping @Rp 500,- Rp 50.000,-
300 keping Rp 100,- Rp 30.000,-
200 keping Rp 50,- Rp
10.000,- +
Rp
240.000,-
Saldo perhitungan fisik Rp
3.300.000,-
Catatan :
Saldo buku kas kecil 31 Desember 2008
sama dengan saldo perhitungan fisik 31 Desember 2008.
Surabaya,
31 Desember 2008
Petugas pemeriksa
No
|
Item
soal
|
Skor/nilai
|
1
|
1
|
20
|
2
|
1
|
20
|
3
|
1
|
20
|
4
|
1
|
20
|
5
|
1
|
20
|
Jumlah
|
100
|
Mengetahui Tuban
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran
Dra. Siti Mahfudhoh Anggraeny,S.Pd
RENCANA
PELAKSANAAN PENGAJARAN (RPP)
A.
IDENTITAS SEKOLAH
Nama
sekolah :
Mata
pelajaran : Kompetensi
Kejuruan Akuntansi
Kelas/semester : XI/3
Pertemuan : 10-13
Alokasi
waktu : 12x45 menit
B.
STANDARD KOMPETENSI : Memproses Dokumen Kas
Kecil
C.
KOMPETENSI DASAR : Menghitung selisih dana kas kecil
D.
INDIKATOR DAN NILAI KARAKTER
No
|
Indikator
|
Nilai karakter
|
1
2
3
4
|
Kognitif
Konten
1.
Mengidentifikasi selisih dana kas
kecil
2.
Memferivikasi selisih dana kas
kecil
3.
Menentukan selisih jumlah dana
kas kecil dengan ketentuan perusahaan
Proses
1. Melakukan
perhitungan fisik dana kas kecil
Secara
langsung
2. Menganalisis
selisih dana kas kecil
Psikomotorik
1.
Menyiapkan peralatan yang
dibutuhkan untuk mencatat dana kas kecil
2.
Menyiapkan bukti transaksi
pemakaian kas kecil
Efektif
Perilaku
berkarakter
Membentuk
perilaku terhadap siswa yang disiplin,teliti,bertanggung jawab dan jujur
Ketrampilan
sosial
Melakukan
interaksi terhadap guru melalui kemampuan tanya jawab
|
Disiplin, tanggung jawab, teliti dan jujur
|
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
menggunakan model pembelajaran ceramah bervariasi siswa diharapkan mampu:
Kognitif
Konten
1. Diberikan
materi yang terdapat pada slide dan modul, siswa dapat mencatat selisih dana
kas kecil dengan metode dana tetap
2. Diberikan
materi yang terdapat pada slide dan modul, siswa dapat mencatat selisih dana
kas kecil dengan metode fluktuasi
3. Diberikan
data mengenai kas kecil, siswa dapat membuat jurnal
Proses
1. Menunjukkan
selisih dana kas kecil, siswa dapat mencatat selisih dana kas kecil dengan
metode dana tetap
2. Menunjukkan
selisih dana kas kecil, siswa dapat mencatat selisih dana kas kecil dengan
metode fluktuasi
3. Memberikan
data dana kas kecil dalam membuat jurnal
Kinerja
proses
1. Siswa
ditunjukkan materi yang berkaitan dengan dana kas kecil
2. Siswa
ditunjukkan materi yang berkaitan dengan selisih dana kas kecil
3. Guru
mengulang kembali materi yang telah diberikan dengan singkat
Efektif
Perilaku
karakter
Pada
KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan sikap yang mandiri
Ketrampilan
sosial
Dalam
KBM siswa dan guru dapat berkomunikasi/berinteraksi melalui tanya jawab,
berpendapat, menyanggah dan lain-lain.
F.
MATERI PEMBELAJARAN
·
Perhitungan fisik dana kas kecil
·
Selisih dana kas kecil
G.
METODE PEMBELAJARAN
· Ceramah
bervariasi
· Tanya
jawab
· Diskussi
· Demonstrasi
· Pemberian
tugas
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
10-11
Kegiatan
|
Nilai karakter
|
Ketelaksanaan
|
Ket
|
||
Guru
|
Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
||
Kegiatan
awal : 15 menit
-Memulai
pelajaran dengan memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa tentang
materi mendiskripsikan administrasi dana kas kecil.
|
Kegiatan
awal :
-Mendengarkan
dengan seksama dan semangat
|
Mandiri
|
|||
Kegiatan
inti : 80 menit
-Menampilkan
materi yang sesuai selisih dana kas kecil
-Menjelaskan
selisih dana kas kecil
-Melakukan pencatatan selisih dana kas kecil
|
Kegiatan
inti :
-Mendengarkan
penjelasan dari guru
-Mendengarkan
penjelasan selisih dana ka kecil
-Menjawab
pertanyaan
-Mencatat
selisih dana kas kecil
|
||||
Kegiatan
akhir : 45 menit
-Menanyakan
kembali mengenai apa yang tadi telah dibahas
-Mengakhiri
pelajaran dengan memberi masukan-masukan kepada siswa untuk dapat belajar
dengan baik dirumah maupun disekolah
-Memberikan
post test
|
Kegiatan
akhir :
-Menjawab
pertanyaan
-Mendengarkan
penjelasan dari guru
-Menjawab
soal
|
Pertemuan ke 12 :
Evaluasi
Pertemuan ke 13 :
Perbiakan dan pengayaan dan remidi
I.
EVALUASI
Evaluasi
diberikan setelah sub kompetensi diberikan (terlampir)
J.
Alat, Media, Sumber belajar
1. Alat
Papan tulis, LCD
2. Media/power
point
Memproses dana kas kecil
3. Sumber
belajar
Modul
Buku referensi
SOP DU/DI
4. PENILAIAN
· Penilaian
dilakukan dengan post test dalam proses belajar mengajar
· Evaluasi
akhir pada sub kompetensi yang telah berakhir
5. TINDAK
LANJUT
· Remidi
· Pengujian
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan dibawah ini !
1. Jelaskan
pemeriksaan saldo kas secara fisik?
2. Sebutkan
3 prinsip pengawasan kas?
3. Sebutkan
3 pengeluaran yang bersifat kecil dan tergolong pengeluaran kecil?
4. Jelaskan
berita acara perhitungan fisik kas kecil?
5. Sebutkan
sebab-sebab terjadinya saldo kas dicatatan dan secara fisik?
Kunci
jawaban
1. Dibuat
berita acara perhitungan mutasi
2. Sistem
petty cash
Sistem voucher
Sistem rekonsiliasi bank
3. Biaya
telepon
Biaya listrik
Biaya telegram
4. Berita
acara perhitungan adalah seluruh berita acara yang berisi, perhitungan secara
fisik tentang besarnya saldo kas kecil
5. Kehilangan
akibat kekeliruan dalam transaksi pertukaran,
Jumlah yang diterima/dibayar lebih
besar/kecil daripada jumlah yang sebenarnya dicatat
SKOR PENILAIAN
No
|
Item
soal
|
Skor/nilai
|
1
|
1
|
20
|
2
|
1
|
20
|
3
|
1
|
20
|
4
|
1
|
20
|
5
|
1
|
20
|
Jumlah
|
100
|
Mengetahui Tuban
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran
Dra. Siti Mahfudhoh Anggraeny,S.Pd
RENCANA
PELAKSANAAN PENGAJARAN (RPP)
A.
IDENTITAS SEKOLAH
Nama
sekolah :
Mata
pelajaran : Kompetensi
Kejuruan Akuntansi
Kelas/semester : XI/3
Pertemuan
ke : 14-16
B.
STANDARD KOMPETENSI : Memproses Dokumen Kas Kecil
C.
KOMPETENSI DASAR : Menentukan pengisian dana kas kecil
D.
INDIKATOR DAN NILAI KARAKTER
No
|
Indikator
|
Nilai
karakter
|
Kognitif
Konten
1.
Menjelaskan penentuan jumlah
pengisian dana kas kecil
2.
Menjelaskan penentuan jumlah
jumlah pengisian kembali dana kas kecil
3.
Menjelaskan pengeluaran kas
dengan system voucher
Proses
1.
Menentukan jumlah pengisian dana
kas kecil secara langsung didalam kelas
2.
Menentukan jumlah pengisian
kembali dana kas kecil secara langsung didalam kelas
Psikomotor
1.
Mengidentifikasi dokumen
pengisian kembali dana kas kecil
2.
Menghitung jumlah pengisian
kembali dana kas kecil
Afektif
Perilaku
berkarakter
Membentuk
perilaku siswa yang tanggung jawab dan kerja keras
Ketrampilan
sosial
Melakukan
interaksi terhadap guru dan temannya melalui kemampuan tanya jawab,
berpendapat atau menyangga pertanyaan yang kurang tepat dari guru maupun
temannya
|
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa
dapat mengidentifikasi dokumen pengisian kembali dana kas kecil
Siswa
dapat menghitung jumlah pengisian kembali dana kas kecil
Siswa
dapat menjelaskan pengeluaran kas dengan system voucher
F.
MATERI PEMBELAJARAN
Cara
pengisian dana kas kecil
System
voucher
G.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah bervariasi
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Demonstrasi
·
Pemberian tugas
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Nilai karakter
|
Ketelaksanaan
|
Ket
|
||
Guru
|
Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
||
Pertemuan
14:
A)
Kegiatan awal : 15 menit
-Guru
memulai pelajaran dengan memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa
tentang materi mendiskripsikan administrasi dana kas kecil.
B)
Kegiatan inti : 30 menit
-Guru
mengarahkan siswa untuk mengidentifikasi dokumen pengisian kembali dana kas
kecil
-Guru
mengarahkan siswa tentang cara menghitung pengisian dana kas kecil
C)
Kegiatan akhir : 15 menit
-Guru
menanyakan kembali mengenai apa yang tadi telah dibahas
-Guru
mengakhiri pelajaran dengan memberi masukan-masukan kepada siswa untuk dapat
belajar dengan baik dirumah maupun disekolah
-Memberikan
post test
|
A)
Kegiatan awal :
-Mendengarkan
dengan seksama dan semangat
B)
Kegiatan inti :
-Siswa
kerja kelompok mengidentifikasi dokumen pengisian kembali dana kas kecil
-Siswa
menghitung pengisian dana kas kecil
C)
Kegiatan akhir :
-Siswa
menjawab pertanyaan
-Siswa
mendengarkan
|
Mandiri
|
|||
Pertemuan
15 :
A)
Kegiatan awal : 15 menit
-Guru
memulai pelajaran dengan
memberikan
apersepsi dan motivasi kepada siswa tentang materi mendiskripsikan
administrasi dana kas kecil
B)
Kegiatan inti :
-Guru
menjelaskan kembali tentang mengidentifikasi dokumen pengisian kembali dana
kas kecil
-Guru
menjelaskan pengeluaran kas dengan system voucher
C)
Kegiatan akhir :
-Guru
menanyakan kembali mengenai apa yang tadi telah dibahas
-Guru
mengakhiri pelajaran dengan memberi masukan kepada siswa agar dapat belajar
dengan baik dan giat dirumah maupun disekolah
-Memberikan
post test
|
A)
Kegiatan awal :
-Mendengarkan
penjelasan dari guru
B)
Kegiatan inti :
-Siswa
mendengarkan guru
C)
Kegiatan akhir :
-Siswa
menjawab
-Siswa
mendengarkan
|
Pertemuan ke 16
Evaluasi, perbaikan dan pengayaan, remidi.
I.
EVALUASI
Evaluasi
diberikan setelah sub kompetensi diberikan (terlampir)
J.
Alat, Media, Sumber belajar
1. Alat
Papan tulis
2. Media
Memproses dana kas kecil
3. Sumber
belajar
Modul
Buku referensi
SOP DU/DI
K.
PENILAIAN
Penilaian
dilakukan dengan post test dalam proses belajar mengajar
Evaluasi
akhir pada sub kompetensi yang telah berakhir
L.
TINDAK LANJUT
Remidi
Pengujian
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan dibawah ini !
1. UD
Aprilya mencatat pengeluaran dana kas kecil dengan metode imperest selama bulan
Desember 2011 mempunyai transaksi sebagai berikut :
2 Des
Pemberitahuan dana kas kecil Rp 600.000,-
6 Des
Dibeli perlengkapan kantor Rp 40.000,-
9 Des
Dibayar iklan mini Rp 80.000,-
11 Des
Dibayar beban pemeliharaan kantor Rp 50.000,-
14 Des
Dibeli perlengkapan kantor Rp 70.000,-
16 Des
Dibayar ekening listrik Rp260.000,-
20 Des
Diadakan pengisian kembali
Diminta : buatlah pencatatan jurnal
metode imperest
2. Sebutkan
fungsi-fungsi yang terkait dengan prosedur pengisian kembali dana kas kecil?
3. Apa
yang dimaksud dengan permintaan kembali kas kecil?
4. Apa
tugas dari pemegang dana kas kecil?
5. Dibayar
biaya telepon Rp 80.000,- coba catatlah transaksi tersebut dengan metode
imperest dan fluktuasi?
Kunci jawaban
1.
UD Aprilya
Tgl
|
Keterangan
|
D
|
K
|
|
Des
|
2
|
Kas kecil
Kas
|
Rp
600.000,-
-
|
-
Rp
600.000,-
|
6
|
Tidak
dijurnal
|
|||
9
|
-
|
|||
11
|
-
|
|||
14
|
-
|
|||
16
|
-
|
|||
20
|
Biaya perlengkapan
Biaya iklan
Biaya pemeliharaan
Biaya listrik
Kas
|
Rp
110.000,-
Rp
80.000,-
Rp
50.000,-
Rp
260.000,-
-
|
-
-
-
-
Rp
500.000,-
|
2. Fungsi
pemengang dana kas kecil
Fungsi bagian utang
Bagian kasa/kasir
Bagian jurnal
Bagian kartu biaya
3. Permintaan
kembali dana kas kecil merupakan dokumen yang dibuat oleh pemegang dana kas
kecil untuk meminta kepada bagian utang agar dibuatkan bukti kas keluar guna
pengisian kembali dana kas kecil.
4. Tugas
pemegang kas kecil :
ü Pemegang
dana kas kecil membuat permintaan pengisian kembali kas kecil (PP3K)
ü Menyerahkan
PP3K lembar 1 dan 2, BPKK dan dokumen pendukung kepada bagian utang
ü Menerima
bukti kas keluar (BKK) lembar 3 dan cek bagian utang
ü Menguangkan
cek ke bank
ü Menyimpan
uang tunai
ü Mengarsipkan
BKK lembar ke 3
5. Metode
imperest tidak dijurnal
Metode fluktuasi :
Biaya telepon Rp 80.000,-
Kas
kecil Rp
80.000,-
SKOR PENILAIAN
No
|
Item
soal
|
Skor/nilai
|
1
|
1
|
20
|
2
|
1
|
20
|
3
|
1
|
20
|
4
|
1
|
20
|
5
|
1
|
20
|
Jumlah
|
100
|
Mengetahui Tuban
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran
Dra. Siti Mahfudhoh Anggraeny,S.Pd
RENCANA
PELAKSANAAN PENGAJARAN (RPP)
A.
IDENTITAS SEKOLAH
Nama
sekolah :
Mata
pelajaran : Kompetensi
Kejuruan Akuntansi
Kelas/semester : XI/3
Pertemuan
ke : 17-19
Alokasi
waktu : 9x45 menit
B.
STANDARD KOMPETENSI
Memproses
Dokumen dana Kas Kecil
C.
KOMPETENSI DASAR
Mencatat
mutasi dan selisih dana kas kecil
D.
INDIKATOR DAN NILAI KARAKTER
No
|
Indikator
|
Nilai
karakter
|
Kognitif
Konten
1.
Menjelaskan cara mencatat bukti
pemakaian dana kas kecil
2.
Menjelaskan cara mencatat selisih
dana kas kecil
3.
Menjelaskan cara mencatat bukti
pengisian dana kas kecil
Proses
1.
Melakukan transaksi secara
langsung didalam kelas atau menganalisa transaksi baik intern maupun ekstern
dan mengisikan ke jurnal kas kecil
2.
Melakukan transaksi dan
menghitung selisih dana kas kecil
3.
Melakukan pengisian kembali dana
kas kecil bersama-sama
Psikomotorik
1.
Mencatat mutasi dana kas kecil
2.
Mencatat selisih dana kas kecil
Afektif
Prilaku
berkarakter
Membentuk
prilaku terhadap siswa yang tanggung jawab
Ketrampilan
sosial
Melakukan
interaksi terhadap guru dan teman sekelas melalui tanya jawab, berpendapat
yang kurang tepat dari guru maupun temannya
|
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
menggunakan model pembelajaran kooperatif learning siswa diharapkan mampu
Kognitif
Konten
1. Diberikan
data yang terdapat pada slide dan modul, siswa dapat mencatat bukti pemakaian
dana kas kecil
2. Diberikan
data transaksi dan bukti transaksi agar siswa dapat mencatat selisih dana kas
kecil
3. Diberikan
data transaksi dan bukti transaksi agar siswa dapat mencatat bukti pengisian
kembali dana kas
Proses
1. Memberikan
contoh bukti transaksi, siswa dapat mencatat bukti pemakaian dana kas kecil
2. Memberikan
contoh bukti transaksi, agar siswa dapat mencatat selisih dana kas kecil
3. Memberikan
contoh bukti transaksi, agar siswa dapat mencatat pengisian kembali dana kas
kecil
Kinerja
proses
1. Siswa
diberikan data bukti transaksi untuk mempraktekkan langsung didalam
2. Diberikan
data bukti transaksi1, siswa dapat mencatat selisih dana kas kecil
3. Diberikan
data bukti transaksi, siswa dapat mencatat bukti pengisian dana kas kecil
Afektif
Prilaku
berkarakter
Pada
KBM yang berpusat pada siswa dapat menunujukkan tanggung jawab
Ketrampilan
sosial
Dalam
KBM siswa dan guru dapat berkomunikasi/berinteraksi melalui tanya jawab,
berpendapat, menyanggah.
F.
MATERI PEMBELAJARAN
Mencatat
mutasi dana kas kecil ke buku besar
Mencatat
selisih dana kas kecil
G.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah bervariasi
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Demontrasi
·
Pemberian tugas
MODEL
PEMBELAJARAN
Cooperatif
learning
Langkah-langkahnya
1.
Guru menyampaikan tujuan dan memotifasi
siswa
2.
Guru menyajikan informasi
3.
Mengorganisasikan siswa ke dalam
kelompok-kelompok belajar
4.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
5.
Mengadakan evaluasi
6.
Guru memberikan penghargaan
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
17-18
Kegiatan
|
Nilai karakter
|
Ketelaksanaan
|
Ket
|
||
Guru
|
Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
||
Kegiatan
awal : 15 menit
-Memotifasi
siswa dengan menyampaikan pentingnya mempelajari kompetensi dasar
mengelompokkan dokumen
-Menyampaikan
inti tujuan pembelaran
|
Kegiatan
awal :
-Mendengarkan
dengan seksama dan berpendapat
-Mendengarkan
dengan seksama
|
Tanggung
jawab
|
|||
Kegiatan
inti : 80 menit
-Guru
menunjukkan kepada murid tentang dokumen pemakaian dana kas kecil
-Menunjukkan
kepada murid tentang cara menghitung mutasi dana kas kecil
-Menjelaskan
tentang pencatatan mutasi dan selisih dana kas kecil sesuai dengan metode
pencatatan secara lengkap
|
Kegiatan
inti :
-Mendengarkan
penjelasan dari guru dan bertanya
-Mendengarkan
dan bersama-sama menghitung mutasi dana kas kecil
-Melakukan
pencatatan selisih dana kas kecil
|
||||
Kegiatan
akhir : 45 menit
-Menanyakan
kembali mengenai apa yang tadi telah dibahas
-Mengakhiri
pelajaran dengan memberi masukan-masukan kepada siswa untuk dapat belajar
dengan baik dirumah maupun disekolah
-Memberikan
post test
|
Kegiatan
akhir :
-Menjawab
pertanyaan guru
-Mendengarkan
masukan dari guru
-Mengerjakan
tugas yang diberikan oleh guru
|
Pertemuan 19 Evaluasi,
perbaikan, pengayaan dan remidi.
I.
EVALUASI
Evaluasi
diberikan setelah sub kompetensi diberikan (terlampir)
J.
Alat, Media, Sumber belajar
1. Alat
Papan tulis
LCD
2. Sumber
belajar
Modul
Buku referensi
SOP DU/DI
K.
PENILAIAN
Penilaian
dilakukan dengan post test dalam proses belajar mengajar
Evaluasi
akhir pada sub kompetensi yang telah berakhir
L.
TINDAK LANJUT
Remidi
Pengujian
Jawablah
pertanyaan berikut ini !
UD
Zayn Malik mencatat pengeluaan-pengeluaran kecil dengan sistem dana kas kecil.
Transaksi yang terjadi selama bulan januari 2009 sebagai berikut :
Januari
1 Pengisian dana kas kecil Rp 3.000.000,-
3 Dibeli suplai kantor Rp
200.000,-
8 Dibayar rekening listrik Rp
400.000,- rekening air Rp 200.000,-
11 Pengisian dana kas kecil
13 Dibayar biaya telegram Rp
150.000,-
Dibayar iklan Rp
400.000,-
19 Dibayar biaya angkut Rp
250.000,-
23 Dibayar biaya telegram Rp
200.000,-
26 Pengisian dana kas kecil
29 Dibayar biaya telegram Rp
150.000,-
30 Dibayar biaya angkut Rp
300.000,-
31 Pengisian dana kas kecil
Diminta
:
a. Catatlah
kedalam buku kas kecil
b. Buat
laporan mutasi dana kas kecil
KUNCI
JAWABAN
a.
UD Zayn Malik
Tgl
|
Keterangan
|
Penerimaan
|
Pengeluaran
|
Rekening
yang didebit
|
|||||
Biaya
telegram
|
Biaya angkut pembelian
|
Serba-serbi
|
|||||||
Rekening
|
Jumlah
|
||||||||
1
|
Pengisian
|
3.000.000
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Dana kas kecil
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|||
3
|
Suplai kantor
|
-
|
200.000
|
-
|
-
|
Suplai kantor
|
200.000
|
||
8
|
Biaya-biaya
|
-
|
600.000
|
-
|
-
|
Biaya listrik
|
400.000
|
||
Biaya air
|
200.000
|
||||||||
11
|
Pengisian
|
800.000
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
13
|
Biaya-biaya
|
-
|
550.000
|
150.000
|
-
|
Biaya iklan
|
400.000
|
||
19
|
Biaya-biaya
|
-
|
250.000
|
-
|
250.000
|
-
|
-
|
||
23
|
Biaya-biaya
|
-
|
200.000
|
200.000
|
-
|
-
|
-
|
||
26
|
Pengisian
|
1.000.000
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
29
|
Biaya-biaya
|
-
|
150.000
|
150.000
|
-
|
-
|
-
|
||
30
|
Biaya-biaya
|
-
|
300.000
|
-
|
300.000
|
-
|
-
|
||
31
|
Pengisian
|
450.000
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
5.250.000
|
2.250.000
|
500.000
|
550.000
|
-
|
1.200.000
|
||||
b. Laporan
mutasi dana kas kecil
UD Zayn Malik
Saldo
awal dana kas kecil Rp
3.000.000,-
Pengisian
kembali dana kas kecil Rp
2.250.000,- +
Rp
5.250.000,-
Jumlah
pengeluaran dana kas kecil (Rp
2.250.000,-)
Saldo
akhir dana kas kecil Rp
3.000.000,-
SKOR PENILAIAN
No
|
Item
soal
|
Skor/nilai
|
1
|
1
|
20
|
2
|
1
|
20
|
3
|
1
|
20
|
4
|
1
|
20
|
5
|
1
|
20
|
Jumlah
|
100
|
Mengetahui Tuban
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran
Dra. Siti Mahfudhoh Anggraeny,S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar