Senin, 24 Desember 2012

RPP Akuntansi


RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
A.    IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran            : Kompetensi Kejuruan Akuntansi
Kelas/Semester            : XI/3
Alokasi Waktu            : 9X45 Menit
Pertemuan                   : 1-3
B.     STANDARD KOMPETENSI
Memproses Dokumen Dana Kas Kecil

C.     KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan Administrasi Dana Kas Kecil

D.    INDIKATOR DAN NILAI KARAKTER
No
Indikator
Nilai Karakter
1






2






3



4
Kognitif
Konten
1.      Menjelaskan pengertian kas kecil
2.      Menjelaskan manfaat kas kecil
3.      Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengelola kas kecil
4.      Menjelaskan prosedur pengelolaan kas kecil
Proses
1.      Menjelaskan dengan gambar tentang kas kecil pada siswa
2.      Melakukan pengelolaan dana kas kecil atau prosedur pengelolaan dana kas kecil yang meliputi pembentukan, penggunaan, pengisian kembali dana kas kecil.
Psikomotorik
1.      Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mencatat dana kas kecil.
2.      Menyiapkan bukti transaksi pemakaian kas kecil.
Afektif
Perilaku berkarakter
Membentuk perilaku terhadap siswa yang mandiri
Ketrampilan sosial
Melakukan interaksi terhadap guru melalui kemampuan tanya jawab


mandiri

E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture siswa diharapkan mampu:
·         Menjelaskan pengertian dana kas kecil
·         Menyiapkan pengelolaan dana kas kecil
·         Menjelaskan prosedur pengelolaan dana kas kecil
Kognitif
Konten
1.      Diberikan materi  yang terdapat pada slide dan modul,siswa dapat menjelaskan pengertian kas kecil.
2.      Diberikan materi yang terdapat pada slide dan modul,siswa dapat menjelaskan manfaat kas kecil.
3.      Diberikan data mengenai kas kecil,siswa dapat menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengelola kas kecil.
4.      Diberikan materi yang terdapat pada slide dan modul,siswa dapat menjelaskan prosedur pengelolaan kas kecil.
Proses
1.      Menunjukkan gambar,siswa dapat menjelaskan pengertian kas kecil.
2.      Menyebutkan alat yang harus disiapkan siswa.
3.      Memberikan data mengenai prosedur pengelolaan kas kecil.
Kinerja Proses
1.      Siswa ditunjukkan/diperlihatkan gambar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan kas kecil.
2.      Siswa dipanggil secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis.
3.      Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran untuk gambar tersebut.
4.      Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan pengertian kas kecil.
Afektif
Perilaku karakter
Pada KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan sikap yang mandiri.
Ketrampilan Sosial
Dalam KBM, siswa dan guru dapat berkomunikasi/berinteraksi melalui tanya jawab,berpendapat,menyanggah dan lain-lain.
F.      MATERI PEMBELAJARAN
·         Menjelaskan pengertian kas kecil
·         Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengelola kartu kas
·         Menjelaskan prosedur pengelolaan kas kecil

G.    METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah bervariasi
·         Tanya jawab

MODEL PEMBELAJARAN
Ø  PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah :
·         Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
·         Menyajikan materi sebagai pengantar
·         Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan materi
·         Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
·         Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
·         Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
·         Kesimpulan/rangkuman

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1-2
Kegiatan

Nilai karakter
Ketelaksanaan
Ket
Guru
Siswa
Ya
Tidak
Kegiatan awal : 15 menit
-Memulai pelajaran dengan memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa tentang materi mendiskripsikan administrasi dana kas kecil.
Kegiatan awal :
-Mendengarkan dengan seksama dan semangat
Mandiri



Kegiatan inti : 80 menit
-Menampilkan gambar yang sesuai dengan materi pengertian kas kecil
-Menunjuk/memanggil siswa secara bergantian untuk mengaitkan gambar yang sesuai dengan pengertian kas kecil
-Menanyakan alasan urutan gambar tersebut setelah mendengar alasan gambar tersebut lalu mulai menanamkan konsep materi kas kecil
-Menjelaskan prosedur pengelolaan kas kecil
Kegiatan inti :
-Melihat gambar yang ditampilkan
-Maju kedepan untuk mengurutkan gambar
-Menjawab pertanyaan
-Mendengarkan prosedur pengelolaan kas
Mandiri



Kegiatan akhir : 45 menit
-Menanyakan kembali mengenai apa yang tadi telah dibahas
-Mengakhiri pelajaran dengan memberi masukan-masukan kepada siswa untuk dapat belajar dengan baik dirumah maupun disekolah
-Memberikan post test
Kegiatan akhir :
-Menjawab pertanyaan
-Mendengarkan penjelasan dari guru
-Menjawab soal
Mandiri




Pertemuan ke 3
Evaluasi, Perbaikan dan Remidi
I.       EVALUASI
Evaluasi diberikan setelah sub kompetensi diberikan (terlampir)
J.       Alat,Media,Sumber Belajar
1.      alat
Papan tulis, spidol, penghapus, buku tulis, bolpoin.
2.      Media
Memproses  dana kas kecil dengan gamba power point
3.      Sumber belajar
Modul
Buku referensi
Sop DU/DI
K.    PENILAIAN
Penilaian dilakukan dengan post test dalam proses belajar mengajar
Evaluasi akhir pada sub kompetensi yang telah berakhir
L.     TINDAK LANJUT
Remidi
Pengujian
·         Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.      Sebutkan perlengkapan yang dibutuhkan dalam mengelola administrasi dana kas kecil?
2.      Mengapa pengelolaan kas kecil dipisahkan antara pemegang dana kas kecil dengan pemegang buku kas besar?
3.      Jelaskan pengertian petty cash?
4.      Apakah yang dimaksud cek kosong?
5.      Sebutkan bukti transaksi yang menyangkut kas?
Jawaban singkat
1.      a. Jurnal
b. Petty cash
c. Biaya listrik, biaya telepon
d. Pengawasan kas kecil
e. Cek
2.      Sebab untuk menghindari penyelewengan-penyelewengan uang tunai yang ada dalam perusahaan tersebut.
3.      Petty cash adalah system pengelolaan tentang pengeluaran-pengeluaran uang tunai yang relative kecil.
4.      Cek yang dananya ditolak oleh bank karena dananya tidak ada
5.      a. Bukti penerimaan kas
b. Bukti pengeluaran kas
SKOR PENILAIAN
No
Item soal
Skor/nilai
1
1
20
2
1
20
3
1
20
4
1
20
5
1
20

Jumlah
100




  Mengetahui                                                                                Tuban
Kepala Sekolah                                                  Guru mata pelajaran


Dra. Siti Mahfudhoh                                                          Anggraeny,S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN (RPP)

A.    IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Kompetensi Kejuruan Akuntansi
Kelas/semester            : XI/3
Pertemuan       : 4-9
Alokasi waktu : 18x45 menit

B.     STANDARD KOPETENSI
Memproses Dokumen Kas Kecil

C.     KOMPETENSI DASAR
Menghitung mutasi dana kas kecil

D.    INDIKATOR DAN NILAI KARAKTER

No
Indikator
Nilai karakter
1
Kognitif
Konten
1.      Menjelaskan cara mengidentifikasi saldo awal kas kecil
2.      Menjelaskan cara mengidentifikasi bukti pemakaian dana kas kecil
3.      Menjelaskan cara menghitung jumlah pemakaian dana kas kecil
4.      Menjelaskan cara menghitung sisa dana kas kecil
Proses
1.      Melakukan transaksi secara langsung di dalam kelas atau transaksi terhadap bukti transaksi
2.      Melakukan transaksi secara langsung dan bersama-sama mengidentifikasi bukti pemakaian dana kas kecil
3.      Menganalisis kebenaran penghitungan pemakaian dana kas kecil
4.      Menganalisis kebenaran penghitungan sisa dana kas kecil
Psikomotorik
1.      Mengidentifikasi saldo awal ke kas
2.      Mengidentifikasi bukti pemakaian dana kas kecil
3.      Menghitung jumlah pemakaian dana kas kecil
4.      Menghitung sisa dana kas kecil
Afektif
       Membentuk perilaku terhadap siswa yang kerja keras dan jujur
Ketrampilan sosial
       Melakukan interaksi terhadap guru dan teman melalui kemampuan tanya jawab, berpendapat, atau menyanggah pernyataan yang kurang tepat dari guru maupun temannya

Kerja keras
Jujur

E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
F.      Setelah menggunakan model kooperatif learning siswa diharapkan mampu :
·         Mengidentifikasi mutasi kas kecil
·         Mengenal dokumen pemakaian dana kas kecil
·         Menjelaskan metode pencatatan dana kas kecil
·         Mengidentifikasi mutasi dana kas kecil

Kognitif
Konten
1.      Diberikan data mengenai bukti transaksi, siswa dapat menyebutkan beberapa transaksi.
2.      Diberikan data yang terdapat pada slide dan modul, siswa dapat menyebutkan identitas bukti-bukti transaksi.
3.      Diberikan data yang terdapat pada slide dan modul, siswa dapat menghitung pemakaian dana kas kecil.
4.      Diberikan data mengenai bukti transaksi, siswa dapat menghitung sisa dana kas kecil.
Proses
1.      Memberikan contoh bukti transaksi, siswa dapat membedakan bukti transaksi.
2.      Memberikan contoh format jurnal yang bersangkutan dengan dana kas kecil, siswa dapat memasukkan transaksi kedalam jurnal yang di sediakan.
3.      Bersama-sama siswa menganalisis kebenaran penghitungan transaksi yang ada.
Kinerja proses
1.      Siswa di bagi beberapa kelompok dan diberikan data bukti transaksi untuk mempraktekkan secara langsung di dalam perusahaan dagang, siswa dapat menganalisis bukti transaksi kedalam transaksi.
2.      Diberikan format jurnal yang berkaitan dengan kas kecil, siswa dapat memasukkan transaksi ke dalam jurnal.
3.      Diberikan data bukti transaksi, siswa dapat menganalisa kebenaran perhitungan dana kas kecil.
Afektif
Prilaku karakter
Pada KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan kerja keras dan jujur
Ketrampilan sosial
Dalam KBM, siswa dan guru dapat berkomunikasi/berinteraksi melalui tanya jawab, berpendapat, menyanggah.
G.    MATERI PEMBELAJARAN
Dokumen bukti pemakaian kas kecil
Metode pencatatan dana kas kecil

H.    METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah bervariasi
·         Tanya jawab
·         Diskusi
·         Demonstrasi
·         Pemberian tugas
MODEL PEMBELAJARAN :
Cooperatif learning (pembelajaran kooperatif)
Langkah-langkah
1.      Guru menyampaikan tujuan dan memotifasi siswa
2.      Guru menyajikan informasi
3.      Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
4.      Membimbing kelompok bekerja dan belajar
5.      Mengadakan evaluasi
6.      Guru memberikan penghargaan
I.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 4-7
Kegiatan

Nilai karakter
Ketelaksanaan
Ket
Guru
Siswa
Ya
Tidak
Kegiatan awal : 15 menit
-Guru memulai pelajaran dengan memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa tentang materi mendeskripsikan administrasi dana kas kecil.
Kegiatan awal :
-Siswa bertanya, menjawab dan berpendapat.
Jujur



Kegiatan inti : 80 menit
-Mendemontrasikan dokumen bukti pemakaian kas kecil
-Membagi siswa menjadi 3 kelompok untuk mempraktekkan secara langsung sebagai perusahaan
-Membimbing siswa untuk membagi tugas pada masing-masing kelompok untuk melakukan transaksi-transaksi dengan kelompok yang satu dengan yang lain
Kegiatan inti :
-Siswa menjelaskan penjelasan guru
-Siswa melanjutkan transaksi-transaksi yang sudah di lakukan
-Siswa melakukan transaksi-transaksi dengan kelompok yang satu dengan yang lain dan memasukkan ke dalam format yang disediakan
-Siswa melakukan transaksi-transaksi dan memasukkan ke format yang ada
-Siswa prensentasi

Kerja kelas



Kegiatan akhir : 30 menit
-Guru memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi dan yang bertanya
-Guru memberikan kesimpulan atas materi yang sudah di presentasikan siswa
Kegiatan akhir :
-Siswa juga memberikan kesimpulan

Kerja kelas




Pertemuan ke 8 Evaluasi
Pertemuan ke 9 perbaikan dan pengayaan dan remidi
J.       EVALUASI
Evaluasi diberikan setelah sub kompetensi diberikan (terlampir)
K.    SUMBER BELAJAR :
1.      Alat
Papan tulis
Spidol
LCD
Seperangkat alat ajar
2.      Bahan
Modul
Seperangkat alat ajar
3.      Sumber belajar
Dasar-dasar akuntansi SMK oleh Drs. Hendi Somantri
Internet
SOP DU/DI
4.      PENILAIAN
 Penilaian dilakukan dengan post test dalam proses belajar mengajar
Evaluasi akhir pada sub kompetensi yang telah berakhir
5.      TINDAK LANJUT
Remidi
Pengujian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini!
1.      Apakah yang dimaksud bukti penerimaan kas?
2.      Sebutkan 2 metode pencatatan dana kas kecil?
3.      Bagaimana pemberlakuan selisih dana kas kecil?
4.      Dalam pengelolaan kas kecil ada 2 formulir, jelaskan?
5.      PT Fanta Jakarta Selatan pada akhir desember 2011 mempunyai data sebagai berikut:
-Saldo kas kecil 1 desember 2011 Rp 5.000.000,-
-Jumlah penerimaan bulan desember Rp 1.000.000,-
-Jumlah pengeluaran bulan desember Rp 2.700.000,-
Sedangkan uang kertas yang ada sebagai berikut:
10 lembar @Rp 50.000,- saldo @Rp 20.000,- 100 lembar @Rp 10.000,- 50 lembar @Rp 5.000,- 30 lembar @Rp 1.000,- 20 lembar @Rp 500,-
Dan uang loga yang ada
150 keping @Rp 1.000,- 100 keping @Rp500,- 300 keping @Rp 100,- 200 keping @Rp 50,-
Diminta:
Buatlah berita acara perhitungan kas kecil 31 desember 2011

Kunci jawaban
1.      Bukti penerimaan kas adalah bukti yang berkaitan dengan penerimaan kas kecil dari kasir kas besar sebagai pembentuk dana kas kecil.
2.      Sistem dana tetap (Imperts System)
 Sistem dana tidak tetap (Fluktuasi)
3.      Jika selisih kas lebih diperlakukan sebagai pendapatan. Jika selisih kas kurang diperlakukan sebagai biaya/kerugian.
4.      Jurnal dan penerimaan/pengeluaran mutasi kas
5.       
Berita Acara Perhitungan Uang Kas
PT. Fanta Jakarta Selatan
31 Desember 2011

Saldo buku kas kecil 1 Desember 2011                                   Rp5.000.000,-
Penerimaan selama bulan Desember                                      Rp 1.000.000,- +
                                                                                                  Rp 6.000.000,-
Pengeluaran selama bulan Desem                                          (Rp 2.700.000,-)
Saldo buku kas kecil 31 Desember 2011                                  Rp 3.300.000,-

Perhitungan fisik kas kecil bulan Desember sebagai berikut
1.      Uang kertas
10 lembar                @Rp 50.000,-             Rp 500.000,-
50 lembar                @Rp 20.000,-             Rp 1.000.000,-
100 lembar  @Rp 10.000,-             Rp 1.000.000,-
50 lembar                @Rp 5.000,-                           Rp 250.000,-
300 lembar  @Rp 1.000,-                           Rp 300.000,-
200 lembar  @Rp 500,-                              Rp 10.000,- +
                                                                                           Rp 3.060.000,-
2.      Uang logam
150 keping  @Rp 1.000,-                           Rp 150.000,-
100 keping  @Rp 500,-                              Rp 50.000,-
300 keping  Rp 100,-                                  Rp 30.000,-
200 keping  Rp 50,-                                    Rp 10.000,- +
                                                                                           Rp 240.000,-
Saldo perhitungan fisik                                                      Rp 3.300.000,-
Catatan :
Saldo buku kas kecil 31 Desember 2008 sama dengan saldo perhitungan fisik 31 Desember 2008.


                                                                               Surabaya, 31 Desember 2008


                                                                                       Petugas pemeriksa

No
Item soal
Skor/nilai
1
1
20
2
1
20
3
1
20
4
1
20
5
1
20

Jumlah
100

  Mengetahui                                                                                Tuban
 Kepala Sekolah                                                             Guru mata pelajaran


Dra. Siti Mahfudhoh                                                              Anggraeny,S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN (RPP)
A.    IDENTITAS SEKOLAH
Nama sekolah              :
Mata pelajaran             : Kompetensi Kejuruan Akuntansi
Kelas/semester            : XI/3
Pertemuan                   : 10-13
Alokasi waktu             : 12x45 menit

B.     STANDARD KOMPETENSI : Memproses Dokumen Kas Kecil

C.     KOMPETENSI DASAR       : Menghitung selisih dana kas kecil

D.    INDIKATOR DAN NILAI KARAKTER

No
Indikator
Nilai karakter
1





2




3




4
Kognitif
Konten
1.      Mengidentifikasi selisih dana kas kecil
2.      Memferivikasi selisih dana kas kecil
3.      Menentukan selisih jumlah dana kas kecil dengan ketentuan perusahaan
Proses
1.      Melakukan perhitungan fisik dana kas kecil
Secara langsung
2.      Menganalisis selisih dana kas kecil
Psikomotorik
1.      Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mencatat dana kas kecil
2.      Menyiapkan bukti transaksi pemakaian kas kecil
Efektif
Perilaku berkarakter
Membentuk perilaku terhadap siswa yang disiplin,teliti,bertanggung jawab dan jujur
Ketrampilan sosial
Melakukan interaksi terhadap guru melalui kemampuan tanya jawab
Disiplin, tanggung jawab, teliti dan jujur


E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menggunakan model pembelajaran ceramah bervariasi siswa diharapkan mampu:

Kognitif
Konten
1.      Diberikan materi yang terdapat pada slide dan modul, siswa dapat mencatat selisih dana kas kecil dengan metode dana tetap
2.      Diberikan materi yang terdapat pada slide dan modul, siswa dapat mencatat selisih dana kas kecil dengan metode fluktuasi
3.      Diberikan data mengenai kas kecil, siswa dapat membuat jurnal
Proses
1.      Menunjukkan selisih dana kas kecil, siswa dapat mencatat selisih dana kas kecil dengan metode dana tetap
2.      Menunjukkan selisih dana kas kecil, siswa dapat mencatat selisih dana kas kecil dengan metode fluktuasi
3.      Memberikan data dana kas kecil dalam membuat jurnal
Kinerja proses
1.      Siswa ditunjukkan materi yang berkaitan dengan dana kas kecil
2.      Siswa ditunjukkan materi yang berkaitan dengan selisih dana kas kecil
3.      Guru mengulang kembali materi yang telah diberikan dengan singkat
Efektif
Perilaku karakter
Pada KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan sikap yang mandiri
Ketrampilan sosial
Dalam KBM siswa dan guru dapat berkomunikasi/berinteraksi melalui tanya jawab, berpendapat, menyanggah dan lain-lain.
F.      MATERI PEMBELAJARAN
·         Perhitungan fisik dana kas kecil
·         Selisih dana kas kecil
                                      
G.    METODE PEMBELAJARAN
·       Ceramah bervariasi
·       Tanya jawab
·       Diskussi
·       Demonstrasi
·       Pemberian tugas
       
H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 10-11
Kegiatan

Nilai karakter
Ketelaksanaan
Ket
Guru
Siswa
Ya
Tidak
Kegiatan awal : 15 menit
-Memulai pelajaran dengan memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa tentang materi mendiskripsikan administrasi dana kas kecil.
Kegiatan awal :
-Mendengarkan dengan seksama dan semangat
Mandiri



Kegiatan inti : 80 menit
-Menampilkan materi yang sesuai selisih dana kas kecil
-Menjelaskan selisih dana kas kecil
 -Melakukan pencatatan selisih dana kas kecil
Kegiatan inti :
-Mendengarkan penjelasan dari guru
-Mendengarkan penjelasan selisih dana ka kecil
-Menjawab pertanyaan
-Mencatat selisih dana kas kecil




Kegiatan akhir : 45 menit
-Menanyakan kembali mengenai apa yang tadi telah dibahas
-Mengakhiri pelajaran dengan memberi masukan-masukan kepada siswa untuk dapat belajar dengan baik dirumah maupun disekolah
-Memberikan post test
Kegiatan akhir :
-Menjawab pertanyaan
-Mendengarkan penjelasan dari guru
-Menjawab soal





Pertemuan ke 12 : Evaluasi
Pertemuan ke 13 : Perbiakan dan pengayaan dan remidi
I.       EVALUASI
Evaluasi diberikan setelah sub kompetensi diberikan (terlampir)
J.       Alat, Media, Sumber belajar
1.      Alat
Papan tulis, LCD
2.      Media/power point
Memproses dana kas kecil
3.      Sumber belajar
Modul
Buku referensi
SOP DU/DI
4.      PENILAIAN
·       Penilaian dilakukan dengan post test dalam proses belajar mengajar
·       Evaluasi akhir pada sub kompetensi yang telah berakhir
5.      TINDAK LANJUT
·       Remidi
·       Pengujian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini !
1.      Jelaskan pemeriksaan saldo kas secara fisik?
2.      Sebutkan 3 prinsip pengawasan kas?
3.      Sebutkan 3 pengeluaran yang bersifat kecil dan tergolong pengeluaran kecil?
4.      Jelaskan berita acara perhitungan fisik kas kecil?
5.      Sebutkan sebab-sebab terjadinya saldo kas dicatatan dan secara fisik?

Kunci jawaban
1.      Dibuat berita acara perhitungan mutasi
2.      Sistem petty cash
Sistem voucher
Sistem rekonsiliasi bank
3.      Biaya telepon
Biaya listrik
Biaya telegram
4.      Berita acara perhitungan adalah seluruh berita acara yang berisi, perhitungan secara fisik tentang besarnya saldo kas kecil
5.      Kehilangan akibat kekeliruan dalam transaksi pertukaran,
Jumlah yang diterima/dibayar lebih besar/kecil daripada jumlah yang sebenarnya dicatat

SKOR PENILAIAN
No
Item soal
Skor/nilai
1
1
20
2
1
20
3
1
20
4
1
20
5
1
20

Jumlah
100




  Mengetahui                                                                                Tuban
Kepala Sekolah                                                  Guru mata pelajaran


Dra. Siti Mahfudhoh                                                          Anggraeny,S.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN (RPP)
A.    IDENTITAS SEKOLAH
Nama sekolah              :
Mata pelajaran             : Kompetensi Kejuruan Akuntansi
Kelas/semester                        : XI/3
Pertemuan ke              : 14-16

B.     STANDARD KOMPETENSI           : Memproses Dokumen Kas Kecil

C.     KOMPETENSI DASAR                   : Menentukan pengisian dana kas kecil

D.    INDIKATOR DAN NILAI KARAKTER

No
Indikator
Nilai karakter

Kognitif
Konten
1.      Menjelaskan penentuan jumlah pengisian dana kas kecil
2.      Menjelaskan penentuan jumlah jumlah pengisian kembali dana kas kecil
3.      Menjelaskan pengeluaran kas dengan system voucher
Proses
1.      Menentukan jumlah pengisian dana kas kecil secara langsung didalam kelas
2.      Menentukan jumlah pengisian kembali dana kas kecil secara langsung didalam kelas
Psikomotor
1.      Mengidentifikasi dokumen pengisian kembali dana kas kecil
2.      Menghitung jumlah pengisian kembali dana kas kecil
Afektif
Perilaku berkarakter
Membentuk perilaku siswa yang tanggung jawab dan kerja keras
Ketrampilan sosial
Melakukan interaksi terhadap guru dan temannya melalui kemampuan tanya jawab, berpendapat atau menyangga pertanyaan yang kurang tepat dari guru maupun temannya


E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat mengidentifikasi dokumen pengisian kembali dana kas kecil
Siswa dapat menghitung jumlah pengisian kembali dana kas kecil
Siswa dapat menjelaskan pengeluaran kas dengan system voucher

F.      MATERI PEMBELAJARAN
Cara pengisian dana kas kecil
System voucher

G.    METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah bervariasi
·         Tanya jawab
·         Diskusi
·         Demonstrasi
·         Pemberian tugas

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan

Nilai karakter
Ketelaksanaan
Ket
Guru
Siswa
Ya
Tidak
Pertemuan 14:
A) Kegiatan awal : 15 menit
-Guru memulai pelajaran dengan memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa tentang materi mendiskripsikan administrasi dana kas kecil.
B) Kegiatan inti : 30 menit
-Guru mengarahkan siswa untuk mengidentifikasi dokumen pengisian kembali dana kas kecil
-Guru mengarahkan siswa tentang cara menghitung pengisian dana kas kecil
C) Kegiatan akhir : 15 menit
-Guru menanyakan kembali mengenai apa yang tadi telah dibahas
-Guru mengakhiri pelajaran dengan memberi masukan-masukan kepada siswa untuk dapat belajar dengan baik dirumah maupun disekolah
-Memberikan post test
A) Kegiatan awal :
-Mendengarkan dengan seksama dan semangat
B) Kegiatan inti :
-Siswa kerja kelompok mengidentifikasi dokumen pengisian kembali dana kas kecil
-Siswa menghitung pengisian dana kas kecil
C) Kegiatan akhir :
-Siswa menjawab pertanyaan
-Siswa mendengarkan
Mandiri



Pertemuan 15 :
A) Kegiatan awal : 15 menit
-Guru memulai pelajaran dengan
memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa tentang materi mendiskripsikan administrasi dana kas kecil
B) Kegiatan inti :
-Guru menjelaskan kembali tentang mengidentifikasi dokumen pengisian kembali dana kas kecil
-Guru menjelaskan pengeluaran kas dengan system voucher
C) Kegiatan akhir :
-Guru menanyakan kembali mengenai apa yang tadi telah dibahas
-Guru mengakhiri pelajaran dengan memberi masukan kepada siswa agar dapat belajar dengan baik dan giat dirumah maupun disekolah
-Memberikan post test
A) Kegiatan awal :
-Mendengarkan penjelasan dari guru
B) Kegiatan inti :
-Siswa mendengarkan guru
C) Kegiatan akhir :
-Siswa menjawab
-Siswa mendengarkan





Pertemuan ke 16 Evaluasi, perbaikan dan pengayaan, remidi.
I.       EVALUASI
Evaluasi diberikan setelah sub kompetensi diberikan (terlampir)
J.       Alat, Media, Sumber belajar
1.      Alat
Papan tulis
2.      Media
Memproses dana kas kecil
3.      Sumber belajar
Modul
Buku referensi
SOP DU/DI

K.    PENILAIAN
Penilaian dilakukan dengan post test dalam proses belajar mengajar
Evaluasi akhir pada sub kompetensi yang telah berakhir

L.     TINDAK LANJUT
Remidi
Pengujian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini !
1.      UD Aprilya mencatat pengeluaran dana kas kecil dengan metode imperest selama bulan Desember 2011 mempunyai transaksi sebagai berikut :
2    Des Pemberitahuan dana kas kecil Rp 600.000,-
6    Des Dibeli perlengkapan kantor Rp 40.000,-
9    Des Dibayar iklan mini Rp 80.000,-
11  Des Dibayar beban pemeliharaan kantor Rp 50.000,-
14  Des Dibeli perlengkapan kantor Rp 70.000,-
16  Des Dibayar ekening listrik Rp260.000,-
20  Des Diadakan pengisian kembali
Diminta : buatlah pencatatan jurnal metode imperest
2.      Sebutkan fungsi-fungsi yang terkait dengan prosedur pengisian kembali dana kas kecil?
3.      Apa yang dimaksud dengan permintaan kembali kas kecil?
4.      Apa tugas dari pemegang dana kas kecil?
5.      Dibayar biaya telepon Rp 80.000,- coba catatlah transaksi tersebut dengan metode imperest dan fluktuasi?


Kunci jawaban
1.       
UD Aprilya
Tgl
Keterangan
D
K
Des
2
Kas kecil
     Kas
Rp 600.000,-
-
-
Rp 600.000,-

6
Tidak dijurnal



9
-



11
-



14
-



16
                       -



20
Biaya perlengkapan
Biaya iklan
Biaya pemeliharaan
Biaya listrik
           Kas
Rp 110.000,-
Rp 80.000,-
Rp 50.000,-
Rp 260.000,-
-
-
-
-
-
Rp 500.000,-

2.      Fungsi pemengang dana kas kecil
Fungsi bagian utang
Bagian kasa/kasir
Bagian jurnal
Bagian kartu biaya
3.      Permintaan kembali dana kas kecil merupakan dokumen yang dibuat oleh pemegang dana kas kecil untuk meminta kepada bagian utang agar dibuatkan bukti kas keluar guna pengisian kembali dana kas kecil.
4.      Tugas pemegang kas kecil :
ü  Pemegang dana kas kecil membuat permintaan pengisian kembali kas kecil (PP3K)
ü  Menyerahkan PP3K lembar 1 dan 2, BPKK dan dokumen pendukung kepada bagian utang
ü  Menerima bukti kas keluar (BKK) lembar 3 dan cek bagian utang
ü  Menguangkan cek ke bank
ü  Menyimpan uang tunai
ü  Mengarsipkan BKK lembar ke 3
5.      Metode imperest tidak dijurnal
Metode fluktuasi :
Biaya telepon              Rp 80.000,-
            Kas kecil                                 Rp 80.000,-



SKOR PENILAIAN
No
Item soal
Skor/nilai
1
1
20
2
1
20
3
1
20
4
1
20
5
1
20

Jumlah
100




  Mengetahui                                                                                Tuban
Kepala Sekolah                                                  Guru mata pelajaran


Dra. Siti Mahfudhoh                                                          Anggraeny,S.Pd























RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN (RPP)
A.    IDENTITAS SEKOLAH
Nama sekolah              :
Mata pelajaran             : Kompetensi Kejuruan Akuntansi
Kelas/semester                        : XI/3
Pertemuan ke              : 17-19
Alokasi waktu             : 9x45 menit

B.     STANDARD KOMPETENSI
Memproses Dokumen dana Kas Kecil

C.     KOMPETENSI DASAR
Mencatat mutasi dan selisih dana kas kecil

D.    INDIKATOR DAN NILAI KARAKTER

No
Indikator
Nilai karakter

Kognitif
Konten
1.      Menjelaskan cara mencatat bukti pemakaian dana kas kecil
2.      Menjelaskan cara mencatat selisih dana kas kecil
3.      Menjelaskan cara mencatat bukti pengisian dana kas kecil
Proses
1.      Melakukan transaksi secara langsung didalam kelas atau menganalisa transaksi baik intern maupun ekstern dan mengisikan ke jurnal kas kecil
2.      Melakukan transaksi dan menghitung selisih dana kas kecil
3.      Melakukan pengisian kembali dana kas kecil bersama-sama
Psikomotorik
1.      Mencatat mutasi dana kas kecil
2.      Mencatat selisih dana kas kecil
Afektif
Prilaku berkarakter
Membentuk prilaku terhadap siswa yang tanggung jawab
Ketrampilan sosial
Melakukan interaksi terhadap guru dan teman sekelas melalui tanya jawab, berpendapat yang kurang tepat dari guru maupun temannya


E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif learning siswa diharapkan mampu

Kognitif

Konten
1.      Diberikan data yang terdapat pada slide dan modul, siswa dapat mencatat bukti pemakaian dana kas kecil
2.      Diberikan data transaksi dan bukti transaksi agar siswa dapat mencatat selisih dana kas kecil
3.      Diberikan data transaksi dan bukti transaksi agar siswa dapat mencatat bukti pengisian kembali dana kas
Proses
1.      Memberikan contoh bukti transaksi, siswa dapat mencatat bukti pemakaian dana kas kecil
2.      Memberikan contoh bukti transaksi, agar siswa dapat mencatat selisih dana kas kecil
3.      Memberikan contoh bukti transaksi, agar siswa dapat mencatat pengisian kembali dana kas kecil
Kinerja proses
1.      Siswa diberikan data bukti transaksi untuk mempraktekkan langsung didalam
2.      Diberikan data bukti transaksi1, siswa dapat mencatat selisih dana kas kecil
3.      Diberikan data bukti transaksi, siswa dapat mencatat bukti pengisian dana kas kecil
Afektif
Prilaku berkarakter
Pada KBM yang berpusat pada siswa dapat menunujukkan tanggung jawab
Ketrampilan sosial
Dalam KBM siswa dan guru dapat berkomunikasi/berinteraksi melalui tanya jawab, berpendapat, menyanggah.
F.      MATERI PEMBELAJARAN
Mencatat mutasi dana kas kecil ke buku besar
Mencatat selisih dana kas kecil

G.    METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah bervariasi
·         Tanya jawab
·         Diskusi
·         Demontrasi
·         Pemberian tugas

MODEL PEMBELAJARAN
Cooperatif learning
Langkah-langkahnya
1.      Guru menyampaikan tujuan dan memotifasi siswa
2.      Guru menyajikan informasi
3.      Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
4.      Membimbing kelompok bekerja dan belajar
5.      Mengadakan evaluasi
6.      Guru memberikan penghargaan

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 17-18
Kegiatan

Nilai karakter
Ketelaksanaan
Ket
Guru
Siswa
Ya
Tidak
Kegiatan awal : 15 menit
-Memotifasi siswa dengan menyampaikan pentingnya mempelajari kompetensi dasar mengelompokkan dokumen
-Menyampaikan inti tujuan pembelaran
Kegiatan awal :
-Mendengarkan dengan seksama dan berpendapat
-Mendengarkan dengan seksama
Tanggung jawab



Kegiatan inti : 80 menit
-Guru menunjukkan kepada murid tentang dokumen pemakaian dana kas kecil
-Menunjukkan kepada murid tentang cara menghitung mutasi dana kas kecil
-Menjelaskan tentang pencatatan mutasi dan selisih dana kas kecil sesuai dengan metode pencatatan secara lengkap
Kegiatan inti :
-Mendengarkan penjelasan dari guru dan bertanya
-Mendengarkan dan bersama-sama menghitung mutasi dana kas kecil
-Melakukan pencatatan selisih dana kas kecil




Kegiatan akhir : 45 menit
-Menanyakan kembali mengenai apa yang tadi telah dibahas
-Mengakhiri pelajaran dengan memberi masukan-masukan kepada siswa untuk dapat belajar dengan baik dirumah maupun disekolah
-Memberikan post test
Kegiatan akhir :
-Menjawab pertanyaan guru
-Mendengarkan masukan dari guru
-Mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru





Pertemuan 19 Evaluasi, perbaikan, pengayaan dan remidi.
I.       EVALUASI
Evaluasi diberikan setelah sub kompetensi diberikan (terlampir)
J.       Alat, Media, Sumber belajar
1.      Alat
Papan tulis
LCD
2.      Sumber belajar
Modul
Buku referensi
SOP DU/DI

K.    PENILAIAN
Penilaian dilakukan dengan post test dalam proses belajar mengajar
Evaluasi akhir pada sub kompetensi yang telah berakhir

L.     TINDAK LANJUT
Remidi
Pengujian

Jawablah pertanyaan berikut ini !
UD Zayn Malik mencatat pengeluaan-pengeluaran kecil dengan sistem dana kas kecil. Transaksi yang terjadi selama bulan januari 2009 sebagai berikut :
Januari 1          Pengisian dana kas kecil Rp 3.000.000,-
               3       Dibeli suplai kantor Rp 200.000,-
               8       Dibayar rekening listrik Rp 400.000,- rekening air Rp 200.000,-
              11      Pengisian dana kas kecil
              13      Dibayar biaya telegram Rp 150.000,-
                        Dibayar iklan Rp 400.000,-
              19      Dibayar biaya angkut Rp 250.000,-
              23      Dibayar biaya telegram Rp 200.000,-
              26      Pengisian dana kas kecil
              29      Dibayar biaya telegram Rp 150.000,-
              30      Dibayar biaya angkut Rp 300.000,-
              31      Pengisian dana kas kecil
Diminta :
a.       Catatlah kedalam buku kas kecil
b.      Buat laporan mutasi dana kas kecil

KUNCI JAWABAN
a.        
UD Zayn Malik

Tgl
Keterangan
Penerimaan
Pengeluaran
Rekening yang didebit

Biaya telegram
Biaya angkut pembelian
Serba-serbi

Rekening
Jumlah


1
Pengisian
3.000.000
-
-
-
-
-



Dana kas kecil
-
-
-
-
-
-


3
Suplai kantor
-
200.000
-
-
Suplai kantor
200.000


8
Biaya-biaya
-
600.000
-
-
Biaya listrik
400.000








Biaya air
200.000


11
Pengisian
800.000
-
-
-
-
-


13
Biaya-biaya
-
550.000
150.000
-
Biaya iklan
400.000


19
Biaya-biaya
-
250.000
-
250.000
-
-


23
Biaya-biaya
-
200.000
200.000
-
-
-


26
Pengisian
1.000.000
-
-
-
-
-


29
Biaya-biaya
-
150.000
150.000
-
-
-


30
Biaya-biaya
-
300.000
-
300.000
-
-


31
Pengisian
450.000
-
-
-
-
-



5.250.000
2.250.000
500.000
550.000
-
1.200.000

b.      Laporan mutasi dana kas kecil
UD Zayn Malik
      Saldo awal dana kas kecil                               Rp 3.000.000,-
      Pengisian kembali dana kas kecil                    Rp 2.250.000,- +
                                                                              Rp 5.250.000,-
      Jumlah pengeluaran dana kas kecil     (Rp 2.250.000,-)
      Saldo akhir dana kas kecil                              Rp 3.000.000,-

SKOR PENILAIAN
No
Item soal
Skor/nilai
1
1
20
2
1
20
3
1
20
4
1
20
5
1
20

Jumlah
100




  Mengetahui                                                                                Tuban
Kepala Sekolah                                                  Guru mata pelajaran


Dra. Siti Mahfudhoh                                                          Anggraeny,S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar